6 Hal Penting Bagi Anda Pebisnis Minuman Kopi Cepat Saji

6 Hal Penting Bagi Anda Pebisnis Minuman Kopi Cepat Saji

“Pebisnis Maju, apakah Anda salah satu Pebisnis Minuman Kopi Cepat Saji? 

Lalu tahukah Anda jika saat ini banyak pebisnis yang menggeluti bisnis serupa?”

Di kota-kota besar di Indonesia saat ini, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan dan kota lain, bisnis minuman kopi cepat saji seakan terus menjamur.

Berkembangnya usaha minuman kopi cepat saji terus tumbuh karena budaya masyarakat Indonesia yang gemar kuliner. Berbagai macam produk kopi cepat saji menawarkan racikan, dan harga yang berbeda sehingga memberikan keunikan tersendiri. 

International Coffee Organization (ICO) pada tahun 2015 menyebutkan bahwa pertumbuhan peminum kopi di Indonesia mencapai 8%, sedangkan pertumbuhan peminum kopi di Dunia hanya mencapai 6%. Hal ini menunjukkan bahwa potensi usaha kopi cepat saji masih mempunyai peluang besar untuk terus berkembang.

Namun, tumbuhnya usaha kopi cepat saji selain mampu mendukung perkembangan usaha lokal, juga bisa menjadi potensi ancaman bagi sesama pebisnis kopi cepat saji jika tidak berbenah dengan benar.

Beberapa hal yang mungkin dilakukan adalah dengan merubah strategi pemasaran, atau menambah keunikan dari bisnis kopi cepat saji. Berikut ini ada 6 hal penting bagi Anda pebisnis minuman kopi cepat saja yang perlu dilakukan.

Cek info selengkapnya berikut!

 

Menjaga Kualitas

Kualitas dari produk minuman yang Anda jual adalah inti dari bisnis yang dijalankan. Menjaga kualitas sudah menjadi hal yang wajib dilakukan untuk tetap menjaga loyalitas konsumen.

Sudah banyak bisnis tutup karena kualitas yang tidak terjaga sehingga konsumen mereka pergi. Hal ini jangan sampai terjadi dengan bisnis Anda, maka pertahankan kualitas yang ada dan jika perlu tingkatkan.

Pelayanan Konsumen

Konsumen masa kini lebih jeli dalam menilai sebuah produk. Mereka pun akan dengan mudah melakukan review makanan dan minuman melalui media sosial atau portal review restoran.

Munculnya fenomena ini sebagai hal yang lazim dan umum akan membuat semua pebisnis kopi cepat saji untuk memperhatikan sisi pelayanan konsumen.

Pelayanan dalam hal ini mencakup salam, senyum, keramahan pramusaji, dan hal-hal lain. Tentunya semua ini perlu menjadi satu paket lengkap dalam sebuah usaha kuliner.

Kebersihan Gerai

Menjaga kebersihan gerai atau resto adalah poin penting bagi bisnis kopi cepat saji. Konsumen dari bisnis minuman kopi cepat saji pasti akan sangat jeli dengan kebersihan toko dan produk yang dijual. Ini menjadi variabel wajib yang menjadi prioritas utama bagi bisnis kopi cepat saji. 

Strategi Pemasaran & Kolaborasi

Bisnis minuman kopi cepat saji masih didominasi oleh usaha lokal dalam kategori UMKM. Hal ini berarti usaha tersebut masih pada taraf berkembang sehingga upaya pendekatan marketing kepada konsumen harus efisien dan efektif.

Tidak seperti brand besar macam McD, atau Coca-Cola yang sudah mampu mempromosikan bisnis melalui baliho, spanduk, poster bahkan megatron, usaha kopi cepat saji yang masih tergolong UMKM belum mampu melakukan hal itu.

Pendekatan paling tepat adalah melalui promosi secara digital, word of mouth, atau bahkan kolaborasi dengan pihak lain seperti penyelenggara event. 

Testimoni

Testimoni adalah salah satu faktor penting untuk meyakinkan calon konsumen menjadi konsumen loyal. Hadirnya media sosial menjadikan semua orang bisa menjadi micro-influencers. Sehingga, hal ini harus menjadi fokus para pebisnis saat akan membangun citra bisnis.

Upayakan pelayanan, kualitas dan kebersihan menjadi 3 pilar penting dalam menjalankan bisnis, maka bisnis Anda akan mendapatkan testimoni baik dari para konsumen.

Aplikasi Penunjang Transaksi

Mendukung transaksi dalam bisnis diperlukan aplikasi penunjang seperti aplikasi kasir dan aplikasi untuk menganalisis perkembangan bisnis. Seperti penggunaan Sellfazz yang mampu mendukung transaksi pembayaran, pengaturan diskon untuk kebutuhan promo bahkan fitur untuk menganalisis penjualan perbulan.

 

Bagaimana? Cukup menarik bukan?

Yuk mulai aplikasikan 6 hal penting bagi Anda pebisnis minuman kopi cepat saji supaya usaha Anda tetap menghasilkan profit yang stabil!

Sebelumnya, jangan lupa untuk mendaftarkan diri Anda sebagai pengguna Sellfazz ya! Klik link berikut ini!

Related Posts

Cerita Dzakya, Resign Demi Bangun Kedai Kopi Impian
Manfaat Laporan Keuangan untuk Bisnis Restoran
Cerita Liliany, Jalankan Cafe Home Culinary berbekal Alikasi Sellfazz
Cerita Liliany, Jalankan Cafe Home Culinary berbekal Aplikasi Sellfazz
Cerita Teja, Jalani Bisnis Diamond Victory sekaligus Menjadi Mahasiswa S2
Cerita Teja, Jalani Bisnis Diamond Victory sekaligus Menjadi Mahasiswa S2