Belajar Berbisnis dalam Film Aladdin

Belajar Berbisnis dari Film Aladdin

“Hi, Pebisnis Maju!

Dalam artikel ini, Sellfazz akan mengulik tentang sebuah film yang baru-baru saja tayang di bioskop dan mencuri perhatian masyarakat. Ada yang bisa menebak judulnya?”

Ya, betul sekali! Film Aladdin!

Buat kamu yang belum menyaksikan film ini, kami akan membagikan sedikit cuplikan sinopsisnya berikut ini (awas spoiler!)

Aladdin adalah seorang anak jalanan yang jatuh cinta pada seorang putri. Semua bermula dari Aladdin yang membantu Putri Jasmine yang sedang menyamar di pasar, ia berhasil berkenalan meskipun saat itu Putri Jasmine mengaku adalah sebagai Dalia, dayang Putri Jasmine. 

Dengan perbedaan kasta dan harta, Aladdin pun akhirnya tergiur untuk mencari jalan pintas dengan mencuri lampu jin. Tak disangka, ia yang saat itu dijebak oleh Jafar (Penasehat Raja) berhasil menemukan lampu wasiat dari dalam goa.

Lampu tersebut berisikan jin yang memberikan 3 permintaan. Cerita pun dimulai ketika Aladin menggunakan 3 permintaan tersebut untuk mencuri hati Putri Jasmine dan menyelamatkan kerajaan dari kejahatan.

Dibalik kisah dongeng inspiratif ini, ternyata kita bisa mendapatkan ilmu seputar berbisnis loh!

Seperti apakah itu? 

(Baca Juga: #SimpelnyaSellfazz, Bisnis Semakin Lancar Lewat Aplikasi Kasir Termudah)

Jangan Mudah Tergoda dengan Iming-iming Keuntungan Tinggi

Saat memasuki goa, Aladdin diminta untuk mengambil lampu wasiat. Namun, jika ia mengambil lebih dari satu barang, maka ia celaka. Padahal, goa tersebut menyimpan banyak harta karun dengan perhiasan yang bisa saja membuat Aladdin tergoda untuk mengambil lebih dari satu. 

Seperti dalam berbisnis, jangan mudah untuk tergoda dengan keuntungan tinggi yang dijanjikan dengan mudah. Karena bisa jadi, ketika kita memilih untuk mengambil keuntungan tersebut, ada risiko besar yang harus kita hadapi.

Gunakan Sebagian Uang yang Dimiliki untuk Kebutuhan Sesama

Meskipun cerita menampilkan sosok Aladdin yang merupakan seorang pencuri, namun ia tidak menghabiskan seluruh uangnya untuk dirinya sendiri. Aladdin tetap membagikan uangnya untuk kebutuhan rakyat miskin lainnya. 

Seperti dalam berbisnis, meskipun kita berhasil menjalankan bisnis dan mendapatkan keuntungan lebih, jangan lupa untuk berbagi dengan sesama ya!

Karena sebagian harta yang kita miliki sewajarnya dibagikan kepada orang yang juga membutuhkan. Eits, tapi ingat! Jangan ikut menjadi pencuri ya seperti Aladdin hihi

Jangan Menjadi Orang Serakah

Seperti dalam versi dongengnya, Jafar terkenal sebagai sosok yang sangat serakah. Terlebih dengan keinginannya untuk menjadi yang terkuat untuk menguasai dunia. 

Dalam dunia berbisnis, sebesar apapun posisi kita hendaklah menjadi orang yang tidak serakah. Selain berbagi kepada orang yang membutuhkan, kita juga harus bisa menempatkan diri sebaik mungkin. Jadilah seperti padi, yang semakin berisi semakin menunduk.

Kamu Hanya Memiliki 3 Permintaan (Peluang)

Dalam kisah Aladdin, sesaat setelah ia menggosokan lampu wasiat, ia didatangi oleh Genie yang memberikan 3 permintaan sebagai tanda terima kasihnya. Aladdin pun menggunakan setiap permintaan tersebut sebaik mungkin.

Hal yang sama juga bisa kita terapkan di dunia bisnis. Saat memulai bisnis, kita memiliki 3 tahapan yang harus dihadapi: menciptakan konsep, menjalankan bisnis, dan evaluasi.

Ketiganya pun berperan penting dalam kemajuan bisnis yang akan kita hadapi. Maka, selayaknya 3 permintaan Aladdin tadi, kita harus bisa menggunakan strategi sebaik mungkin agar 3 tahapan tadi berjalan dengan maksimal.

(Baca Juga: 5 Trik Marketing Yang Harus Ada Di Bisnis Kamu!)

Nah itulah beberapa cara menjalankan bisnis dari film Aladdin. Lalu, apakah Anda bisa menemukan pesan moral lainnya dalam film ini

Yuk, bagikan dibawah ini!

Jangan lupa juga untuk download Sellfazz di Google PlayStore untuk menikmati berbagai fitur menarik yang ada di aplikasi kasir kami ya!

Related Posts

Buru Promo Super! Nikmati Potongan 50% untuk paket PREMIUM
Buru Promo Super! Nikmati Potongan 50% untuk paket PREMIUM
Paket Hardware Sellfazz Kembali Hadir untuk Anda!
Cerita Miftahul, jadi Pengusaha ‘Chaile’ sekaligus Mahasiswa
Cerita Miftahul, jadi Pengusaha ‘Chaile’ sekaligus Mahasiswa
Martabak D’Marnies, Kuliner Higienis Harga Ekonomis ala Syarif Hidayat
Martabak D’Marnies, Kuliner Higienis Harga Ekonomis ala Syarif Hidayat