Faktor – faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan untuk Pengembangan Usaha

Hi, Smart Seller!

Sepertinya bukan rahasia umum lagi ya kalau kepuasan pelanggan adalah hal penting yang selalu diupayakan oleh para pemilik usaha.

Bener kan? Kalau kamu sendiri gimana? Apakah selalu memprioritaskan kepuasan pelanggan?

Pastikan hal itu terjadi ya, karena supaya usahamu tetap eksis maka buatlah pelanggan – pelangganmu senang.

Berikut ini ada faktor – faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan untuk pengembangan usaha kamu.

Yuk sama – sama cek penjelasannya berikut, siapa tahu kamu bisa dapat ide untuk mengembangkan usahamu.

(Baca Juga: Seberapa Penting Pelayanan Pelanggan Dalam Berbisnis Online?)

Kualitas Produk

Setuju gak kalau kualitas produk ini jadi faktor utama supaya pelanggan mu puas dan senang? Setuju kan pastinya. Kualitas produk yang baik dan dapat tetap konsisten akan menjadi karakter yang kuat dan memberikan kesan profesionalitas yang baik di mata para pelanggan. Maka hal inilah yang akan mengundang mereka untuk menggunakan produk dan jasa mu berulang kali.

Harga Produk

Masyarakat kita terbagi menjadi dua yang mendambakan produk dengan kualitas baik namun harga terjangkau, dan masyarakat yang tidak memperdulikan harga yang penting berkualitas tinggi. Dua mindset yang berbeda ini bisa kamu jadikan parameter, Guys dalam melaksanakan bisnis kamu. Jika kamu sudah mengetahui karakter market dari produkmu maka pastikan kualitas tetap terjaga, baik jika market mu adalah kalangan atas atau kalangan yang mendambakan harga terjangkau dengan kualitas baik.

Kualitas Pelayanan

Pelayanan menjadi salah satu manner yang diperhatikan oleh para konsumen masa kini. Ketika mereka dilayani dengan baik maka ini akan memberikan rasa nyaman dan dihargai. Apabila pihak pemilik bisnis tidak memperlakukan mereka dengan baik, biasanya konsumen akan lebih tidak sopan dalam merespon atau memberikan komplen. Jadi memberikan kualitas pelayanan kepada konsumen/pelanggan adalah bentuk investasi yang bisa kamu lakukan juga lho!

Setuju gak, Guys?

Kemudahan Akses

Kemudahan akses ini mampu menarik perhatian pelanggan. Jika kamu mempunyai toko online dan menggunakan platform website untuk meletakkan katalog produk, maka buatlah semua menu terlihat mudah untuk digunakan. Biasanya ketika website yang ribet dan tidak user-friendly malah akan ditinggalkan oleh para pelanggan.

Pernah merasakan hal tersebut? Yuk coba evaluasi lagi apakah produk atau jasa yang kamu tawarkan sudah mudah diakses oleh pelanggan.

Program – program Menarik

Program menarik yang bisa kamu tawarkan ke para pelanggan mu dapat menjadi daya tarik sendiri dalam mengembangkan usahamu. Kamu bisa memberikan diskon, atau program Buy 1 Get 1, program referral atau bahkan program kuis berhadiah. Melalui program – program tersebut maka bisnis mu akan terlihat dinamis, dan menarik di mata para pelanggan.

(Baca Juga: Memanfaatkan Fitur Insight Sederhana Pada Instagram Untuk Mengetahui Karakter Pelanggan)

Nah, gimana Guys, apakah kalian sudah mendapatkan ide untuk mengembangkan usahamu kedepannya? Tapi ingat ya, pastikan produk yang kamu tawarkan ketersediannya ada. Hal ini akan memberikan kemudahan ketika ada yang order.

Jangan lupa juga download aplikasi dan follow sosial media Sellfazz untuk selalu update info – info menarik lainnya ya!

Facebook : https://www.facebook.com/sellfazz/
Instagram : https://www.instagram.com/sellfazz/