Hal-Hal Sepele yang Bisa Bikin Bisnis Anda Gulung Tikar!

Hal-Hal Sepele yang Bisa Bikin Bisnis Anda Gulung Tikar!

Semua pengusaha pasti menginginkan bisnis yang mereka jalani lancar dan menghasilkan keuntungan maksimal. Namun, ada saja hal yang menjadi penghambat kesuksesan bisnis. 

Hi, Pebisnis Maju!

Terkadang kita terlalu fokus untuk menghindari bisnis Anda dari masalah-masalah besar yang umumnya terjadi.

Tapi ternyata, ada beberapa hal sepele yang bisa berpengaruh dalam perkembangan bisnis yang Anda jalani.

Sering kali kita tidak menyadarinya karena terlalu terfokus pada target penjualan. 

Dilansir dalam entrepreneur, berikut beberapa hal yang terlihat sepele namun bisa membuat bisnis Anda gulung tikar!

(Baca Juga: Belajar Berbisnis Dari Film Aladdin)

Melakukan banyak hal secara bersamaan

Saat mengawali bisnis, biasanya para pengusaha akan memilih untuk menjalani bisnis dengan SDM (Sumber Daya Manusia) yang terbatas. Alasannya karena Anda ingin menghemat pengeluaran dan menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Namun, kenyataan inilah yang membuat Anda harus bisa menjalankan banyak pekerjaan sekaligus. Meski terlihat sepele, namun hal ini bisa jadi membuat bisnis Anda rugi. Anda akan kewalahan dan sulit untuk fokus dalam perencanaan bahkan evaluasi bisnis. 

Sales kurang memahami produk

Adanya sales sangat membantu Anda dalam memperkenalkan bisnis kepada konsumen secara luas. Namun, ini akan menjadi bumerang ketika sales yang Anda rekrut justru tidak memahami tentang produk yang dijual.

Karena kurang memahami produk, mereka bisa saja memberikan informasi yang salah sehingga konsumen merasa ragu untuk mencoba produk yang ditawarkan.

(Baca Juga: Bisnis Memanfaatkan “Momen”, Yuk Belajar Dari Para Influencer Dan Artis Ini!)

Salah menentukan target

Bisnis Anda sudah berjalan beberapa minggu bahkan beberapa bulan. Namun, sedikit pengunjung yang datang. Apa yang terjadi?

Bisa jadi, Anda salah menentukan target sejak awal berdirinya toko/tempat usaha. Misalnya, lokasi berbisnis yang terletak di daerah pedesaan tetapi Anda menargetkan pembelinya adalah menengah keatas dan memberikan harga produk yang cukup mahal.

Kesalahan target seperti ini bisa menjadi masalah kedepannya karena konsumen yang enggan untuk berbelanja di toko usaha Anda. 

Terlalu banyak memberikan janji

Dalam berbisnis, sewajarnya Anda memberikan janji baik dari kualitas produk maupun penawaran-penawaran spesial untuk konsumen agar menjadi loyal. Namun, jangan memberikan janji secara berlebihan jika Anda belum bisa menempati seluruhnya.

Misalnya, Anda menjanjikan untuk memberikan potongan harga hingga 50% untuk semua produk yang ada toko untuk menarik konsumen. Padahal Anda hanya memberikan promo ini untuk 15 pembeli pertama, namun sengaja tidak menyertakan syarat dan ketentuan ini di pengumuman.

Hal ini bisa berakibat konsumen yang merasa dibohongi dan enggan untuk kembali berbelanja.

(Baca Juga: Cek Laporan Usaha Kamu Lewat Aplikasi Sellfazz POS!)

Laporan Pembukuan yang tidak teratur/berantakan

Seluruh kegiatan bisnis berjalan lancar, namun Anda tidak bisa membuat laporan keuangan secara detail. Akibatnya Anda tidak tahu keuntungan yang didapatkan, produk mana saja yang laku keras, dan hal-hal lainnya. Sebaiknya hindari masalah ini karena hal sepele justru bisa berdampak pada perkembangan bisnis.

Jika tidak memiliki banyak waktu untuk membuat laporan pembukuan detail, Anda bisa memanfaatkan mesin kasir online yang secara otomatis merekam seluruh kegiatan transaksi dan laporan pembukuan bisnis.

 

Itulah hal-hal sepele yang bisa membuat bisnis Anda Gulung Tikar. Kira-kira, adakah faktor lainnya yang bisa berdampak pada kerugian bisnis?

Yuk, tulis sekarang juga di kolom komentar!

Jangan lupa juga untuk download aplikasi Sellfazz ya untuk membantu kamu dalam berbisnis setiap harinya!

Related Posts

Cerita Dzakya, Resign Demi Bangun Kedai Kopi Impian
Manfaat Laporan Keuangan untuk Bisnis Restoran
Cerita Liliany, Jalankan Cafe Home Culinary berbekal Alikasi Sellfazz
Cerita Liliany, Jalankan Cafe Home Culinary berbekal Aplikasi Sellfazz
Cerita Teja, Jalani Bisnis Diamond Victory sekaligus Menjadi Mahasiswa S2
Cerita Teja, Jalani Bisnis Diamond Victory sekaligus Menjadi Mahasiswa S2