Kamu punya warung makan? Hal-hal unik ini mungkin pernah kamu alami

Hal Unik yang Sering Terjadi saat Kamu Buka Usaha Warung Makan

Hi, Smart Seller!

Pernah dengar kutipan ‘Tidak ada pekerjaan yang (benar-benar) mudah’? Lalu, Smart Seller setuju kan dengan kalimat barusan?

Meskipun kelihatannya mudah, namun banyak hal tak terduga yang bisa terjadi saat kamu menjalankan bisnismu, terutama warung makan. Apa sajakah misalnya?

Dalam artikel ini, Sellfazz akan memberikan contoh nyata dari hal unik yang sering terjadi saat kamu buka usaha warung makan. Simak selengkapnya disini!

Kamu dituntut untuk bisa melakukan banyak hal

Jam 12 waktunya konsumen 'menyerbu' mu!

Kamu baru merintis usaha dan berusaha menghemat pengeluaran? Biasanya, kamu akan memilih untuk melakukan penghematan dengan meminimalisir karyawan. Artinya, kamu masih mengandalkan diri sendiri untuk mengelola bisnismu tanpa bantuan orang lain.

Tugas sebagai juru masak, pelayan, petugas cuci piring, kasir menjadi tanggung jawabmu sendiri. Akibatnya kamu harus merasakan kerepotan mengerjakan semuanya sekaligus. Kebayang kan gimana capeknya?

Baca Juga: Kuliner Daerah Yang Menjamur Di Indonesia.

Jam 12 siang, jam-jam kamu ‘diserbu’ pembeli!

jam 12 waktunya konsumen 'menyerbu' mu!

Kamu buka warung makan dekat perkantoran atau sekolah? Pastinya menjelang jam 12 kamu harus siap-siap jaga warung mengingat pelanggan akan lebih banyak datang di jam tersebut. Nah, jam makan siang menjadi waktu sibukmu.

Kamu mempunyai waktu kurang lebih satu jam untuk melayani para pelanggan tanpa jeda. Oleh karena itu, kamu harus menyiapkan tenaga ekstra untuk menghadapi ‘serbuan’ dari para pembeli. Jangan sampai kamu kewalahan dan akhirnya gagal melayani seluruh pelanggan dengan baik.

Pembeli lupa bawa uang

Konsumen lupa bawa uang

Bagaimana jika ada pembeli yang datang tapi lupa bawa uang? Hm, bukan sesuatu yang baru di dunia bisnis. Mau tidak mau, kamu harus ‘berbesar hati’ untuk melayani pelanggan seperti ini. Apalagi mereka yang gak bawa uang adalah pelanggan setiamu. Mau bagaimanapun pepatah “Pembeli adalah Raja” harus diterapkan. Tapi jangan lupa dicatat hutangnya dan pastikan mereka bayar, ya!

Ada yang pesan makanan jumlah banyak, tapi khawatir stok gak cukup

Pesanan dalam jumlah banyak

Ada pelanggan pesan makanan jumlah banyak, nih. Harusnya kamu senang, dong! Tapi tunggu, memangnya stoknya cukup? Sebelum menerima pesanan ini, kamu harus memastikan seluruh pesanan tersedia. Jangan sampai pelangganmu kecewa karena jumlah pesanannya tidak sesuai dengan yang mereka inginkan.

Tips mudahnya, kamu bisa membuka jasa pre-order dan menampilkan nomor telepon warungmu, supaya pelanggan yang ingin pesan banyak bisa melakukan pemesanan lebih awal.

Baca Juga: Curi Perhatian Generasi Milenial Dengan Bisnis Kuliner!

Sulitnya mengatur pembukuan

Kesulitan mengatur pembukuan

Usaha warung makanmu berjalan lancar, juga jumlah karyawannya sudah cukup. Namun ada satu hal yang salah. Kamu lupa mengatur keuangan dalam hal pemasukan dan pengeluaran selama bisnis berjalan.

Bagaimana bisa terjadi? Kamu terlalu fokus dengan kegiatan melayani konsumen sehingga lupa mengatur pembukuan. Akibatnya kamu tidak tahu usahamu mengalami keuntungan atau justru sebaliknya.

Itulah beberapa contoh dari hal unik yang sering terjadi saat kamu buka usaha warung makan. Lalu, bagaimana mengatasi keseluruhan masalah ini? Tenang aja, kami punya solusinya!

Melalui Sellfazz POS, kamu bisa mengelola bisnismu mulai dari mengurus penjualan, stok barang, sampai mencatat inventori produk. Gak harus buka usaha warung makan kok!

Aplikasi online ini siap membantu segala jenis usaha yang kamu miliki. Jadi tak perlu lagi merasakan masalah-masalah tadi. Menarik, bukan? Jadi, download aplikasi Sellfazz sekarang juga, ya!

Related Posts

Cek Laporan Usaha Kamu lewat Aplikasi Sellfazz POS!
Mau Cetak Struk Pembayaran di Sellfazz POS? Ikuti Langkah Mudah Ini!
Mau Cetak Struk Pembayaran di Sellfazz POS? Ikuti Langkah Mudah Ini!
Ingin membangun bisnis di tahun 2019? Yuk, simak beberapa bisnis menguntungkan ini!
Menilik Daftar Bisnis Menjanjikan di Tahun 2019
Smart Seller, waktunya atur produk, kategori, dan diskon sekaligus dalam menu manajemen di aplikasi Sellfazz POS
Cara Mudah Atur Produk, Kategori, dan Diskon dalam Menu Manajemen