Hemat Kertas dengan Teknologi hingga Sistem Manajemen Inventori

Tahu gak kalau pembuatan kertas itu berasal dari mana?
Pernah cari tahu gak berapa banyak sampah kertas yang diproduksi dalam satu hari oleh orang Indonesia dan dunia?
Atau berapa banyak pohon yang telah kita korbankan demi memproduksi kertas?
 
Hemat Kertas dengan Teknologi hingga Sistem Manajemen InventoriHemat Kertas dengan Teknologi hingga Sistem Manajemen Inventori
Pencatatan Barang dengan Kertas
 
Menurut Kementrian Perindustrian, Indonesia menjadi negara peringkat nomor 6 yang memproduksi kertas terbesar. Yah, pastinya karena Indonesia masih punya lahan hutan tropis dimana disana tumbuh subur pohon – pohon besar.
 
Otomatis kayu – kayu yang ada menjadi bahan baku yang mudah ditemukan untuk pembuatan kertas.
 
Selain itu, budaya Indonesia yang masih memanfaatkan kertas sebagai salah satu perlengkapan dalam beraktivitas seperti di area perkantoran, sekolah dan lain – lain, maka kertas masih sangat diminati.
 
Namun, ada bahayanya lho Guys kenapa produksi kertas ini sebenarnya harus dikurangi. Pertama adalah, setiap 15 rim kertas A4 kita membutuhkan kurang lebih 1 batang pohon, (1 rim = 500 lembar). Lalu setiap 7000 – 8000 lembar koran yang dicetak menggunakan 10 – 20 batang pohon. Bayangkan, hanya untuk memproduksi kertas, maka pohon – pohon menjadi bahan utama pembuatan kertas.
 
Walaupun pohon merupakan tanaman dan sebagai tanaman mempunyai kemampuan untuk tumbuh dan berkembang setelah ditanam ulang, namun itu semua membutuhkan waktu hingga tahunan bahkan belasan tahun agar batang pohon dapat digunakan kembali.
 
Nah, bayangkan jika tidak ada upaya pengurangan penggunaan kertas, maka pohon – pohon akan cepat ditebang dan akan mengganggu keseimbangan hidup satwa dan ekosistem di hutan, bukan? Pastinya akan mempengaruhi kehidupan manusia juga ya.
 
Hal – hal yang mungkin dapat kamu ikuti sebagai langkah awal menyelamatkan ekosistem alam dengan mengurangi penggunaan kertas diantaranya adalah, dengan menggunakan teknologi.
 
Gimana caranya? Yuk cek bareng – bareng!
 

Menggunakan notes di Handphone

 
Jika dikantor atau saat kamu beraktivitas sehari – hari masih menggunakan buku tulis untuk mencatat mungkin kamu bisa menguranginya dengan memanfaatkan handphone. Kamu bisa menggunakan fitur notes atau catatan untuk merekam semua hal yang terjadi lewat tulisan.
 
Hal ini bisa sangat praktis karena kamu tidak perlu menulis lewat buku dan membutuhkan tinta. Kamu hanya perlu memiliki handphone dan pastikan ada fitur notes / catatan disitu.
 
Mudah bukan?!
 

Gunakan e-book dan metode e-learning

 
Pernah gak kamu pergi ke sekolah atau kampus dengan membawa banyak buku hingga lama – kelamaan tas mu robek dan harus ganti? Duh ini sih pemborosan ya 🙁
 
Buat kamu yang masih suka baca materi sekolah atau kuliah cobain deh pindah ke metode belajar secara digital dan penggunaan jurnal online. Melalui aktivitas yang menggunakan e-book dan metode belajar e-learning ini kamu bisa buka materi di handphone atau laptop tanpa harus bawa buku tebal yang berat kemanapun kamu pergi
 
Praktis bukan?

 

Alat Manajemen Persediaan Stok Barang jadi Solusi

 
Nah ini dia, buat kamu para online seller yang masih suka nyatet stok barang, laporan keuangan dan juga mencatat pemesanan barang dengan buku tulis waduh tinggalin deh metode kuno ini.
 
Bukannya kurang baik, namun kamu malah berkontribusi untuk memproduksi kertas secara massive dan pastinya kurang praktis.
 
Dengan alat manajemen stok kamu bisa lebih nyaman, aman dan rapi dalam mencatat semua hal yang berkaitan dengan jualanmu.
 
Pastinya ini akan menjaga efektivitas dan efisiensi waktu, tenaga dan biaya kamu dalam menjalankan bisnis online atau offline mu lho!
 
Nah gimana Guys? Yuk coba mulai hemat kertas dari sekarang dengan menggunakan teknologi komunikasi hingga alat manajemen stok barang 🙂
 
Mau tahu informasi tips menarik lainnya? Yuk langsung follow sosial media Sellfazz berikut,