Makanan Tradisional Jakarta yang Masih Diburu Pencinta Kuliner

Makanan Tradisional Jakarta yang Masih Diburu Pencinta Kuliner

“Para Pebisnis Maju, apakah kamu salah satu yang mencintai dunia kuliner tradisional Indonesia?

Lalu, apa makanan favorit kamu?”

Berbicara tentang kuliner tradisional, negeri kita memiliki sejuta kuliner tradisional yang sudah ada sejak dulu kala. Menariknya, tiap daerah biasanya memiliki kuliner yang berbeda dengan daerah lainnya.

Namun, seiring berjalannya waktu, kuliner tradisional semakin tergerus oleh makanan modern yang lebih diminati masyarakat. Mereka mulai beralih untuk mengkonsumsi makanan junk food sebagai menu sehari-hari dibanding makanan tradisional.

Fakta inilah yang membuat kuliner tradisional semakin sulit untuk ditemukan. Namun ternyata, tak sedikit orang yang tertarik untuk mengonsumsi kuliner tradisional, sekedar untuk coba-coba atau bahkan sebagai makanan sehari-hari.

Pebisnis Maju, spesial mendekati hari Ulang Tahun Jakarta ini, Sellfazz akan memberikan informasi mengenai beberapa makanan tradisional Jakarta yang masih diburu oleh pencinta kuliner.

Apa sajakah itu? Simak artikelnya berikut ini!

 

Selendang Mayang

Selendang Mayang - Jajanan | Sellfazz

Pebisnis Maju, pernah mencoba Selendang Mayang?

Eits, selendang mayang yang dimaksud bukan lagu daerah Jambi ya! Selendang Mayang adalah salah satu jajanan khas Betawi yang sudah ada sejak dulu kala.

Konon, kata ‘selendang’ sendiri berasal dari warna-warni kue yang merupakan isi dari es campur ini. Sedangkan ‘Mayang’ memiliki artian manis dan kenyal.

Selendang Mayang terbuat dari bahan dasar tepung beras dan tepung hunkwe. Olahan khas minuman ini menghasilkan cita rasa manis gurih, lho!

Meski berasal dari Jakarta, minuman penyegar dahaga ini semakin sulit ditemukan di Jakarta. Namun, jika Pebisnis Maju penasaran dengan kuliner yang satu ini, kamu bisa mengunjungi kawasan wisata Setu Babakan, Jagakarsa atau Kota Tua Jakarta.

(Baca Juga: Mau Berbisnis Kuliner? Yuk, Belajar Memasak Dan Membuat Kue Bersama Ahlinya!)

Soto Tangkar

Soto Tangkar - Jajanan | Sellfazz

Pebisnis Maju, jangan mengaku pecinta soto tradisional kalo belum pernah mencoba Soto Tangkar!

Soto yang satu ini merupakan kuliner tradisional khas betawi. Kata “tangkar” memiliki arti tulang iga dengan sedikit bagian daging sebagai bahan utamanya.

Konon, makanan ini menjadi makanan sehari-hari masyarakat Betawi sejak zaman penjajahan Belanda. Dahulu, mereka hanya mampu membeli tangkar sapi saja. Sedangkan daging sapi biasanya dikonsumsi oleh orang Belanda.

Meskipun Indonesia sudah lama merdeka, masyarakat setempat masih tetap mengonsumsi tangkar sapi sebagai makanan khasnya. Bahkan, kuliner ini diminati baik masyarakat menengah atas maupun menengah ke bawah.

Lalu apa yang membedakan soto tangkar dengan soto betawi? Meskipun terlihat hampir sama, soto tangkar menggunakan santan berwarna kuning kemerahan yang berasal dari campuran kunyit dan cabai.

Bagi pecinta Kuliner Tradisional Jakarta, kamu bisa menemukan soto ini dibeberapa kedai seperti Kedai Soto Tangkar H. Diding di Pasar Pagi Lama, Soto Tangkar Bang Samsudin di Jalan H. Agus Salim, dan Soto Tangkar Tanah Tinggi di Johar Baru.

(Baca Juga: Menilik Daftar Bisnis Menjanjikan Di Tahun 2019)

Kue Rangi

Kue Rangi - Jajanan | Sellfazz

Pebisnis Maju, sudah pernah mencoba Kue Rangi?

Atau kamu baru pertama kali mendengar nama kue ini? Ya, kue rangi adalah kue basah tradisional khas betawi yang cukup legendaris. Percampuran rasa manis dan asinnya mampu memanjakan lidah para penggemar kuliner.

Bagaimana tidak, kue ini terbuat dari campuran tepung kanji dengan kelapa parut yang dipanggang menggunakan cetakan khusus di atas tungku. Sebagai pelengkap, biasanya kue rangi disajikan dengan lelehan gula merah dengan sedikit tepung kanji.

Meskipun cukup populer di era 90-an, kudapan satu ini nyatanya sudah semakin sulit ditemukan. Apalagi dengan semakin maraknya kue kekinian membuat para masyarakat mulai beralih selera.

Tapi jangan khawatir, Pebisnis Maju! Bagi kamu yang ingin mencicipi kuliner ini, biasanya penjual kue rangi ada di sore hari di bilangan Jakarta Timur.

Selain itu, kamu juga bisa berkunjung ke kawasan Ragunan karena disana ada lebih dari 10 penjual kue rangi yang siap menghidangkan cemilan legendaris ini untuk kamu.

(Baca Juga: Kuliner Daerah Yang Menjamur Di Indonesia)

Kembang Goyang

Kembang Goyang - Jajanan | Sellfazz

Pebisnis Maju, sudah pernah mencoba kembang goyang?

Jika belum, Sellfazz akan mengajak kamu berkenalan dengan cemilan legendaris khas Betawi yang satu ini. Kembang goyang adalah cemilan yang terbuat dari tepung beras.

Nama kembang goyang sendiri diambil dari bentuknya yang seperti bunga dan digoreng dengan cara digoyangkan dalam minyak panas.

Konon, kudapan renyah ini terinspirasi dari hiasan sanggul atau konde para pengantin Jawa, dimana bunga yang terpasang disanggul itu bisa bergoyang, maka terlihat cantik.

Meskipun terinspirasi dari adat Jawa, namun kuliner ini berasal dari Betawi. Bagi Pebisnis Maju yang ingin mencicipi kembang goyang, kamu bisa berkunjung ke kampung Kembang Goyang di Lenteng Agung, Jakarta Selatan dimana warga disana memiliki usaha kue kembang goyang.

 

Pebisnis Maju, itulah makanan tradisional Jakarta yang hingga kini masih diburu pecinta Kuliner.

Lalu, dari empat makanan ini, mana yang belum pernah kamu cicipi?

Yuk, tulis di kolom komentar!

Related Posts

Buru Promo Super! Nikmati Potongan 50% untuk paket PREMIUM
Buru Promo Super! Nikmati Potongan 50% untuk paket PREMIUM
Paket Hardware Sellfazz Kembali Hadir untuk Anda!
Cerita Miftahul, jadi Pengusaha ‘Chaile’ sekaligus Mahasiswa
Cerita Miftahul, jadi Pengusaha ‘Chaile’ sekaligus Mahasiswa
Martabak D’Marnies, Kuliner Higienis Harga Ekonomis ala Syarif Hidayat
Martabak D’Marnies, Kuliner Higienis Harga Ekonomis ala Syarif Hidayat