Manfaat Laporan Keuangan untuk Bisnis Restoran

“Pebisnis Maju, tahukah Anda kalau banyak sekali orang yang sering mengalami masalah keuangan didalam bisnis mereka?”

Hal ini biasanya terjadi karena tidak adanya pembukuan atau pencatatan laporan keuangan yang rapih terkait bisnis yang mereka jalankan.

Dalam menyusun laporan keuangan, seorang pebisnis tidak boleh sembarangan. Karena, selain sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban, laporan keuangan juga merupakan sumber utama terkait posisi keuangan yang dihasilkan oleh suatu bisnis. Tidak hanya itu, bagi seorang pebisnis sendiri, laporan keuangan juga memiliki berbagai manfaat penting.

Berikut manfaat laporan keuangan untuk bisnis restoran Anda, diantaranya:

Melihat dan Menganalisa Jumlah Keuntungan

Melalui laporan keuangan, Anda bisa mengetahui cash flow, keuntungan serta kerugian yang dihasilkan oleh sebuah bisnis restoran. Tapi tidak hanya sampai disitu, informasi ini nantinya dapat menjadi bahan analisis bagi Pebisnis Maju. Tujuannya untuk mengetahui berbagai hal yang berhubungan dengan kesehatan finasial bisnis Anda.

Memudahkan Penghitungan Pajak

Bisnis restoran atau F&B yang Anda jalankan memiliki kewajiban ke pemerintah yaitu berupa pajak. Melalui laporan keuangan yang dimiliki, Pebisnis Maju akan lebih mudah untuk menentukan jumlah pajak yang harus dibayarkan. Hal ini juga berguna untuk mengurangi risiko terjadinya denda atau masalah terkait pajak lainnya.

Sebagai Bahan Evaluasi Bisnis

Memiliki pembukuan dan laporan keuangan yang baik akan meminimalkan kesalahan Anda didalam mengambil langkah. Dengan informasi yang disediakan dalam laporan keuangan, Anda dapat lebih mudah mengevaluasi bisnis sekaligus menyusun strategi dan inovasi. Tujuannya agar Anda bisa mengembangkan bisnis restoran ini di masa mendatang. 

Sebagai Acuan Dalam Mengambil Keputusan

Tidak sedikit pebisnis yang merasa kesulitan ketika harus diminta mengambil keputusan untuk bisnis mereka. Dengan adanya laporan keuangan, pengusaha akan lebih mudah didalam mengambil keputusan yang paling tepat terkait dengan keuangan. Langkah yang diambil dengan landasan informasi yang kuat, akan meningkatkan potensi keberhasilan bisnis menjadi lebih besar.

Dari beberapa manfaat penting laporan keuangan di atas, ternyata masih banyak pebisnis yang belum membuat laporan keuangan dengan baik dan benar lho! Bahkan ada yang tidak memiliki laporan keuangan sama sekali. Padahal proses pencatatan dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat dengan bantuan teknologi saat ini. 

Sellfazz melalui menu laporan, menyediakan berbagai informasi terkait laporan keuangan.  Anda dapat dengan mudah melihat informasi penting terkait Penjualan Kotor (total diskon dan pengembalian), Penjualan Bersih (harga yang sudah dipotong pajak), Kas Terkumpul (Harga Pokok Penjualan) hingga Laba Kotor bisnis Anda.

 

Bagaimana, sudah siap untuk buat laporan keuangan bisnis Anda lebih rapih dan detail? 

Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi kasir Sellfazz POS sekarang untuk mempermudah bisnis kuliner yang sedang kalian jalankan ya!

(Baca Juga: Selain Sellfazz POS, Kamu Bisa Cek Laporan Keuanganmu Lewat Dashboard Sellfazz, Lho!)

Related Posts

Cerita Dzakya, Resign Demi Bangun Kedai Kopi Impian
Cerita Liliany, Jalankan Cafe Home Culinary berbekal Alikasi Sellfazz
Cerita Liliany, Jalankan Cafe Home Culinary berbekal Aplikasi Sellfazz
Cerita Teja, Jalani Bisnis Diamond Victory sekaligus Menjadi Mahasiswa S2
Cerita Teja, Jalani Bisnis Diamond Victory sekaligus Menjadi Mahasiswa S2
6 Hal Penting Bagi Anda Pebisnis Minuman Kopi Cepat Saji
6 Hal Penting Bagi Anda Pebisnis Minuman Kopi Cepat Saji