Mengelola Stok Barang dengan Cara Efektif

Mengelola stok barang merupakan bagian dari rutinitas para online seller setiap harinya. Mengelola stok barang akan mempermudah para penjual untuk memastikan bahwa mereka akan punya persediaan stok yang cukup untuk dijual kepada konsumen.
 
Nah, kalian percaya tidak bahwa pengelolaan stok barang yang tidak rapi akan mengurangi keuntungan penjualan?
 
Pastinya akan mempengaruhi ya Guys. Kenapa? Ada yang tahu?
 
Jadi, dengan adanya stok yang cukup, maka ketika tingkat permintaan tinggi maka kamu akan terbantu dengan stok yang cukup. Namun apabila stok barang kurang, tetapi pada kenyataannya permintaan yang datang sedang tinggi, maka kamu akan kesusahan menyediakan barang, bukan?
 
Jika konsumen tidak jadi membeli produk di tempat mu hanya karena stok tidak tersedia, wah sama saja ini menyia – nyiakan rezeki yang datang kan?
 
Berikut ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk mengelola stok barang dengan cara efektif. Yuk perhatikan penjelasannya berikut,
 
Membuat Daftar Stok Barang
 
Membuat daftar stok dan jumlah barang yang kamu miliki sangat penting. Fungsinya selain untuk mengetahui produk yang tersedia, juga untuk mengetahui kira – kira kamu akan mendapat untung berapa dengan menjual produk yang ada tersebut. Maka, dengan begini kamu akan dengan mudah menghitung keuntungan secara kasar yang akan kamu dapat Guys!
 
Memperkirakan Pergerakan Stok Barang (forecasting)
 
Sebagai penjual online, pastikan kamu juga belajar untuk melihat opportunity atau kemungkinan di masa depan. Maksudnya, kamu perlu untuk mampu memperkirakan berapa jumlah produk yang akan kamu mampu jual. Hal ini sangat berguna agar kamu tahu keuntungan yang mungkin kamu dapatkan.
 
Hal ini bisa dengan mengamati jumlah penjualan di periode sebelumnya, apakah ada event tertentu yang akan meningkatkan penjualan, atau keputusan kamu untuk membuat promo menarik. Jadi, forecasting disini akan sangat berguna untuk manajemen stok barang.
 
Memberikan Kode Pada Barang
 
Pastinya kamu sudah melakukan ini ya? Memberikan kode bagi produk yang akan kamu jual. Memberikan kode pada barang yang dijual akan memudahkan kamu saat melakukan evaluasi keuntungan nantinya. Buatlah kode yang mudah dibaca, diingat dan unik.
 
Melakukan Cek Stok Barang (Stok Opname) Secara Terjadwal
 
Cek stok barang / stok opname harus dilakukan secara rutin dan terjadwal. Hal ini untuk memastikan bahwa persediaan barang yang tersimpan benar – benar ada. Jangan sampai hanya mengandalkan ingatanmu saja, tapi kamu perlu melakukan pengecekkan langsung dan lakukan pencatatan ya.
 
Menggunakan Aplikasi Stok Produk
 
Aplikasi stok produk seperti Sellfazz, bisa menjadi salah satu opsi bagi kamu yang ingin melakukan manajemen stok dengan mudah dan tidak ribet. Dengan menggunakan aplikasi stok produk maka kamu akan mempunyai kesempatan untuk meraih untung dari proses penjualan yang kamu lakukan.
 
Aplikasi stok produk atau manajemen stok produk ini biasanya dibekali dengan beraneka fitur yang diperlukan oleh penjual seperti, list barang tersimpan, list barang terjual, koneksi ke toko online, keuntungan yang di dapat dan lain – lain.
 
Gimana Guys? Menarik bukan informasinya? Yuk jangan lupa ikuti Sellfazz di platform sosial media berikut,