Mengenal Istilah Brand Awareness Untuk Meningkatkan Penjualan

Mengenal Istilah Brand Awareness Untuk Meningkatkan Penjualan

Hi Smart Seller!

Kali ini kita bahas soal Brand Awareness yuk!

Kamu tahu gak apa itu Brand Awareness?

Atau apakah kamu pernah mendengar tentang Brand Awareness?

Tanpa panjang lebar lagi, yuk kita kenalan sama istilah Brand Awareness!

Jika diartikan ke bahasa Indonesia, Brand Awareness maksudnya Kesadaran Merek. Jadi dengan aktivitas promosi tersebut diharapkan masyarakat akan mengetahui adanya produk tersebut di tengah – tengah masyarakat.

Tujuan dari Brand Awareness ini diantaranya adalah,

  1. Memperkenalkan dan mempromosikan produk mu ke masyarakat luas,
  2. Sarana untuk mendapatkan pelanggan, &
  3. Menaikkan tingkat pembelian karena bersamaan dengan masyarakat yang mulai paham kegunaan produk mu bagi kebutuhan mereka.

Sementara untuk meningkatkan Brand Awareness ada 2 cara yang dapat dilakukan, diantaranya adalah sebagai berikut,

  1. Metode Online
  2. Metode Offline

 

Metode Online

Meningkatkan pemahaman masyarakat akan produk mu atau merek yang kamu jual adalah hal yang sangat penting. Hal ini termasuk bentuk promosi yang bisa kamu manfaatkan untuk mengundang para pembeli.

Cara promosi yang dapat dilakukan secara online yaitu,

  1. Melakukan kuis di media sosial. Jika kamu mempunyai akun media sosial, kamu bisa memanfaatkannya untuk mempromosikan bisnis mu dengan kuis / giveaway. Ini akan menarik perhatian para calon pelanggan untuk mengetahui produk mu.
  2. Memanfaatkan testimoni pelanggan yang loyal. Hal ini bisa menjadi salah satu cara ampuh untuk meningkatkan Brand Awareness. Testimoni akan membantu untuk memperkuat kepercayaan orang terhadap produk mu.
  3. Memanfaatkan jasa influencer. Untuk dapat memanfaatkan jasa influencer biasanya kamu akan membutuhkan sejumlah dana untuk menyewa mereka, namun kamu juga bisa membuat kesepakatan lain yang saling menguntungkan kedua belah pihak.

 

Metode Offline

Metode offline merupakan cara yang dilakukan secara langsung dan tidak menggunakan media sosial sebagai perantaranya. Kamu bisa melakukan beberapa hal misalnya promosi langsung ke orang sekitar, membuat poster dan menempelkan pada lokasi tertentu yang strategis.

 

Coba perhatikan penjelasan berikut,

Dulu banyak orang yang belum mengenal produk Men’s Republic, namun dengan adanya Brand Awareness melalui media sosial dan promosi offline maka semakin banyak masyarakat yang paham dengan produk tersebut.

Ada lagi produk fashion Dian Pelangi. Mungkin sebelum adanya aktivitas Brand Awareness, produk tersebut tidak terlalu terdengar di telinga masyarakat, namun seiring dengan aktivitas Brand Awareness yang dilakukan maka masyarakat mulai mengenal produk tersebut.

Jadi Brand Awareness ini bertujuan untuk membuat masyarakat memahami apa produk kita, mengapa produk kita harus dan wajib dicoba dan digunakan, bagaimana cara mendapatkannya, berapa harga produk tersebut hingga siapa saja yang bisa menggunakannya. Itulah tujuan akhir dari aktivitas Brand Awareness yang dilakukan.

Gimana Guys, tertarik untuk mencoba melakukan Brand Awareness yang dimulai dari cara yang sederhana namun berdampak besar? Yuk dicoba!

Jangan lupa juga untuk membuat akun Sellfazz dan mulai mendaftar stok barang dagangan mu ya!