Pentingnya CRM (Customer Relationship Management) Bagi Bisnis Kuliner

CRM atau Customer Relationship Management merupakan istilah yang sering terdengar dikalangan pelaku bisnis saat ini. CRM adalah salah satu pendekatan yang dilakukan untuk mengelola atau me-manage hubungan antara suatu bisnis dengan konsumen atau pelanggan. Untuk mengelola hubungan ini, pastinya kita kita harus memberikan yang terbaik kepada pelanggan. Pendekatan ini memungkinkan untuk mempertahankan kesetiaan pelanggan dalam jangka panjang yang nantinya berdampak pada peningkatan penjualan suatu bisnis. 

Terdapat beberapa tahapan dalam CRM yaitu Acquire (mendapatkan), Retain (mempertahankan), dan Enhance (meningkatkan) pelanggan.

CRM digunakan sebagai cara untuk melakukan interaksi serta menelusuri informasi pelanggan dengan mengombinasikan strategi, proses dan kebijakan perusahaan.Saat ini, penerapan CRM sendiri banyak dilakukan dengan menggunakan bantuan teknologi.

Dengan menerapkan CRM, suatu bisnis akan mampu mengenal serta memahami pelanggan mereka lebih baik. Jadi, bisnis yang dijalankan dapat merespon kebutuhan pelanggan dengan cepat dan tepat.

Manfaat  CRM (Customer Relationship Management) Bagi Bisnis Kuliner

Bagi suatu bisnis kuliner sendiri, CRM dapat diimplementasikan untuk membantu kegiatan marketing dan penjualan. Beberapa manfaat yang bisa dirasakan bisnis kuliner dengan menerapkan CRM diantaranya:

Membentuk Loyalitas Pelanggan

Bagi bisnis kuliner, pelanggan loyal merupakan aset yang sangat berharga. Selain mampu meningkatkan penjualan, pelanggan dengan loyalitas tinggi juga bisa mendorong terjadinya promosi dari mulut ke mulut (WoM).

Nah, CRM akan membantu Anda belajar terkait cara mengelola pelanggan dengan lebih efektif sehingga terbentuk loyalitas antara bisnis Anda dengan para pelanggan.

Dengan memanfaatkan channel-channel yang Anda miliki, seperti media sosial, call center, web, hingga staf sales, Anda bisa memberikan informasi serta pelayanan terbaik kepada para pelanggan.

Konsistensi dan kemudahan akses yang Anda berikan akan mampu meningkatkan kepuasan mereka sehingga secara bertahap akan mampu membangun kepercayaan dan loyalitas.

Membuat Kegiatan Bisnis dan Operasional Lebih Efisien

CRM dapat membantu proses operasional Anda jadi lebih rapi dan teroganisir. Dengan demikian, biaya yang dikeluarkan akan teralokasikan dengan baik dan tidak terbuang percuma yang berujung pada pengurangan biaya. Bisnis kuliner Anda akan mampu berjalan dengan skema yang fokus dengan efisiensi yang lebih baik.

Memperoleh Data Pelanggan

Saat ini, data menjadi sangat penting dimiliki oleh pelaku bisnis, tak terkecuali bisnis kuliner. Melalui data yang baik, Anda dapat menerapkan langkah bisnis yang lebih baik serta mengevaluasi kekurangan yang masih terjadi.

Nah, dengan strategi penerapan CRM yang tepat, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi atau data pelanggan Anda, mulai dari nama, nomor telfon, email maupun media sosial mereka.

Data-data ini nantinya juga bisa Anda gunakan sebagai bagian dari strategi marketing. Beberapa diantaranya seperti menawarkan produk atau promo melalui email atau iklan yang sangat efektif dan efisien dalam kegiatan digital marketing.

Meningkatkan Pendapatan

Seperti yang sudah diketahui bersama, penerapan CRM yang tepat akan mampu membentuk loyalitas pelanggan, meningkatkan efisiensi biaya dan operasional serta membantu kegiatan marketing. Semua ini nantinya akan berujung pada satu kesimpulan bahwa CRM dapat menyebabkan peningkatan pendapatan bisnis kuliner Anda.

Di era industri yang serba digital dengan menggunakan teknologi, CRM bukanlah sesuatu yang kompleks bahkan untuk bisnis kuliner dengan skala kecil sekalipun.

Untuk mendukung penerapan CRM dalam bisnis, Anda dapat menggunakan aplikasi Sellfazz POS yang didesain khusus untuk pebisnis kuliner. Fitur Manajemen Pelanggan membantu Anda mengelola serta mengenal pelanggan dengan lebih baik.

Anda dapat input data pelanggan yang pernah datang dengan sangat mudah. Mulai dari mengetahui nama, kontak, seberapa sering mereka datang hingga menu yang paling sering dipesan. Selain itu, fitur-fitur Sellfazz lainnya juga mampu meningkatkan pengalaman pelanggan Anda lebih baik.

Yuk download aplikasi Sellfazz sekarang! Tingkatkan aktivitas harian, analisa pertumbuhan dan jalankan bisnis kuliner Anda tanpa beban.

(Baca juga: 5 Alasan Mengapa Harus Menggunakan POS (Point Of Sale) Untuk Bisnis Kuliner Anda)

 

 

 

 

Related Posts

Cerita Saiful H, Ikuti Panggilan Hati dengan Membangun Usaha Bakery
Download Sellfazz Sekarang dan Nikmati Layanan PREMIUM 30 Hari GRATIS!
Cerita Yohan, Menyajikan Seafood Harga Murah dengan Rasa yang Mewah
Makin Mudah Transaksi dengan aplikasi Sellfazz 1.1.25