Pentingnya Social Media dalam Bisnis Online

Apakah kamu termasuk yang suka menggunakan media sosial untuk berkomunikasi?

Atau bahkan kamu memanfaatkan media sosial sebagai platform untuk mempromosikan bisnis mu?

Yuk bahas bareng – bareng kenapa media sosial penting buat bisnis online!

Social media atau media sosial merupakan platform media online yang memiliki banyak fungsi. Saat ini, media sosial dapat menjadi tempat untuk menuangkan segala kreativitas kita.

Di era digital seperti sekarang, banyak yang telah memanfaatkan media sosial untuk keperluan tertentu seperti promosi produk dan jasa. Itulah mengapa social media dapat dijadikan lahan untuk berdagang.

Dengan memanfaatkan media sosial, selain mendapat pengunjung lebih cepat, dagangan pun akan lebih cepat terjual. Banyak jenis media sosial yang bisa digunakan untuk berdagang online, misalnya Facebook, Instagram, Twitter dan lain – lain.

Sebagai pengusaha yang baru terjun dalam bisnis online, pasti kamu akan membutuhkan media sosial. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan misalnya, mencari target market yang dituju dan lain sebagainya. Untuk penjelasan mengapa media sosial sangat penting untuk mendukung bisnis kamu, berikut hal – hal yang perlu kamu ketahui dan dapat diaplikasikan,

Berkenalan Lebih Dekat dengan Pelanggan

Hal pertama yang penting dengan kehadiran media sosial adalah memudahkan kamu untuk dekat dengan pelanggan. Misalnya, kamu bisa mengetahui produk apa saja yang pelanggan inginkan. Gunakan perangkat Facebook Insight untuk mengetahui jenis kelamin serta usia pelanggan. Hal ini akan memberikan kemudahan kamu untuk mengetahui karakter serta keinginan konsumen terhada produk mu.

Dengarkan Keinginan Pelanggan

Melalui media sosial, kamu bisa mendapat feedback dari pelanggan. Keinginan atau keluhan dari pelanggan dapat mudah tersampaikan. Hal ini dapat dilakukan dengan perangkat umum seperti fitur direct message, email atau bahkan call centre. Dengan begitu, bisnis kamu akan mendapatkan perubahan dari masukan, saran dan kritik yang kamu terima dari konsumen – konsumen setia mu.

Merespon Pelanggan dengan Cepat

Setelah kamu menerima pesan dari pelanggan, ada baiknya direspon dengan cepat. Hal tersebut akan sangat mempengaruhi rating bisnis onlinemu. Dengan menjawab keluhan dari pelanggan, kepercayaan pelanggan terhadap bisnis online mu akan lebih besar. Jadi, jangan mengabaikan poin penting berikut ya, Guys!

Melihat Persaingan Pasar

Hadirnya media sosial juga dapat membantu melihat persaingan pasar. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa kamu dapat memenangkan hati pelangganmu di antara pesaing – pesaing handal lain yang mempunya model bisnis yang sama dengan mu. Tak ada salahnya kamu coba melihat produk/jasa apa saja yang sedang menjadi unggulan pesaing mu.

Meningkatkan Traffic Website

Semakin banyak traffic ke website kamu, semakin besar juga keinginan pembeli untuk membeli suatu produk. Traffic juga sangat mempengaruhi rangking di pencarian melalui platform pencarian seperti Google. Kamu juga dapat menyertakan link saat kamu memposting produk di media sosial. Semakin banyak kamu menyertakan link pada postingan di media sosial dan blog usahamu, kemungkinan bisinismu akan mempunyai potensi berada di halaman pertama mesin pencari Google.

Itulah beberapa penjelasan mengapa media sosial menjadi hal wajib dalam berbisnis online. Selain mudah digunakan, kamu juga dapat untung banyak dari media sosial.

Yuk mulai maksimalkan fungsi media sosial sebagai alat untuk memasarkan usaha online mu!