Pergantian Menu di Tempat Makan setiap Bulan atau Tahun, Perlu atau Tidak?

Pergantian Menu di Tempat Makan setiap Bulan atau Tahun, Perlu atau Tidak?

Apakah Anda salah satu Pebisnis kuliner?

Lalu, menurut Anda, perlukah Memperbarui Menu di Gerai Kuliner Anda?

Hi Pebisnis Maju!

Konon, bisnis makanan menjadi bisnis yang tidak ada matinya. Alasannya karena semua orang membutuhkan makanan, dan tidak semua orang menghabiskan waktunya untuk makan di rumah.

Peluang untuk membuat bisnis makanan pun semakin besar. Banyak pengusaha yang akhirnya memutuskan untuk menjalani bisnis ini. Apalagi jika lokasi yang dipilih dekat dengan kampus atau perkantoran.

Biasanya, kedua lokasi ini memiliki peluang besar untuk digunakan sebagai lahan untuk berbisnis makanan. Namun, sebelum memulai menjalani bisnis kuliner, ada baiknya jika Anda memperhatikan beberapa hal kecil yang berkaitan dengan bisnis jenis ini.

Salah satunya adalah menu. Biasanya, warung makan akan menyajikan menu yang terdiri dari ragam jenis makanan dan minuman, sehingga konsumen bisa menentukan sendiri menu mana yang akan mereka pilih.

Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan menu dari bisnis kuliner:

Apakah perlu untuk memperbarui menu tiap tahun bahkan tiap bulannya?

Berbicara tentang menu, pastinya seluruh tempat makan ingin menyajikan daftar makanan yang diminati oleh konsumennya. Biasanya, konsumen akan datang kembali ketika ia merasa makanan di tempat tersebut ‘cocok’ dengan lidahnya.

Tetapi, apakah konsumen akan terus menerus datang ketika menu yang kita sajikan itu-itu saja alias tidak berubah? Dilansir dari Forbes, berikut penjelasan mengenai pro dan kontra dari pergantian menu dalam gerai kuliner.

 

Pergantian Menu itu Harus!

Menurut Nahabedian, seorang pengusaha restoran NAHA di Chicago, menu yang tidak berubah bisa menjadi bumerang, ketika konsumen merasa bosan dan memilih untuk makan di tempat lain.

Selain itu, sebagian besar orang juga beranggapan bahwa hidup hanya sekali, dan mereka tidak ingin menghabiskan waktu untuk mencicipi makanan itu-itu saja. 

“Kunci dari kesuksesan bisnis kuliner adalah satu: Anda harus menantang diri sendiri dan para karyawan untuk melakukan perubahan dalam bisnis, terutama menu. Menu yang itu-itu saja bukan hanya membuat konsumen menjadi bosan, tetapi juga para karyawan apalagi koki. Memasak menu yang sama berkali-kali akan menghambat skill mereka untuk berkembang,” katanya.

(Baca juga: Bisnis Anti Rugi dengan Pencatatan Bisnis Lewat Aplikasi Kasir Sellfazz!)

Pergantian Menu bukan Hal Penting, Kuncinya adalah Cita Rasa

Berbeda dengan yang dituturkan oleh Nahabedian, Jen Hansen, seorang direktur operasi dan pemasaran dari The Le Colonial.

Ia beranggapan bahwa selama ini restoran tempatnya bekerja telah lama berdiri dan tetap diminati oleh konsumen, meskipun menu yang dihidangkan tidak pernah berubah.

“Sejak 1996, The Le Colonial tidak mengalami perubahan menu. Kunci utama dari tempat makan ini adalah kualitas makanan dan cita rasanya. Bahkan, Le Colonial sudah dikenal sebagai restoran yang konsisten, baik dalam hal makanan, minuman dan service nya yang membuat konsumen selalu merasakan pengalaman berharga setiap berkunjung kesana,” tambahnya. 

 

Itulah pro dan kontra terkait dengan pergantian menu di gerai kuliner. Lalu, Pebisnis Maju, bagaimana tanggapan Anda?

Apakah Anda lebih memilih untuk melakukan pergantian menu setiap bulan/tahun atau lebih memilih untuk mempertahankan menu dengan mengutamakan cita rasa?

Yuk, tulis di kolom komentar!

Sebelumnya jangan lupa juga untuk men-download aplikasi kasir Sellfazz di Google Play ya untuk membantu bisnis F&B yang sedang kalian jalani!

Related Posts

Cerita Dzakya, Resign Demi Bangun Kedai Kopi Impian
Manfaat Laporan Keuangan untuk Bisnis Restoran
Cerita Liliany, Jalankan Cafe Home Culinary berbekal Alikasi Sellfazz
Cerita Liliany, Jalankan Cafe Home Culinary berbekal Aplikasi Sellfazz
Cerita Teja, Jalani Bisnis Diamond Victory sekaligus Menjadi Mahasiswa S2
Cerita Teja, Jalani Bisnis Diamond Victory sekaligus Menjadi Mahasiswa S2