Pertanyaan yang Sering Kamu Jumpai Kalau Jadi Pedagang Online

Berprofesi sebagai pedagang online akan membuatmu berinteraksi dengan berbagai macam karakter konsumen yang unik dan kadang bikin gemes sendiri. Terkadang, kalau pas mood lagi baik, kita bisa anggap itu sebagai tantangan, namun kalau pas mood lagi ga baik, yah pasti bikin emosi naik terus tuh.

Pernah gak sih kamu memperhatikan pertanyaan – pertanyaan yang umum ditanyakan oleh pembeli. Terkadang para pembeli menanyakan hal – hal yang sebenarnya sudah ada jawabannya ya. Tapi, ga apa – apa Guys, anggap saja karena mereka terlalu excited belanja di toko mu, jadi sampe gak memperhatikan informasi yang sudah tersedia.

Mau tau kan apa aja hal – hal yang sering ditanyakan oleh para konsumen/pembeli? Nih yuk sambil ingat – ingat lagi, semoga kalian bisa tersenyum dan tercerahkan setelah membaca pertanyaan – pertanyaan berikut,

Kak, ini jual apa aja yah?

Pernah ga pas baca komen atau pertanyaan ini, kamu langsung berkata dalam hati “sedih akutuh, kenapa ada pertanyaan ini”

Yah, sabar ya Guys. Hal yang harus kamu tanamkan di diri kamu sebagai seorang pedagang / pebisnis adalah sifat melayani yang tulus, karena jika kamu menanamkan hal tersebut, kamu akan disenangi oleh konsumen mu.

Langkah paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk menjawab pertanyaan ini adalah dengan membuat katalog pada website tentang produk yang kamu jual. Selanjutnya silahkan kamu berikan link yang menuju ke website mu dan sarankan konsumen untuk menuju ke link tersebut.

Mudah bukan? Sangat menghemat waktu untuk menjawab bukan?!

Kak stock yang ini masih ada ga? Kalau habis kapan restock lagi?

Nah, ini kadang sebel juga. Tapi jangan keburu kesel dulu Guys, ada hal yang bisa kamu lakukan untuk menangkal pertanyaan ini muncul lagi dan lagi.

Pertama kamu berikan label stok habis jika memang produk tersebut sedang habis. Kedua, hapus atau sembunyikan postingan produk untuk yang stoknya kosong.

Harganya berapa ya, Kak?

Nah, kalau kalian sudah pasang harga di postingan dan masih ada yang nanya, hmm sabar – sabar ya Guys. Intinya harus tetap senyum dan ramah dalam menghadapi setiap pertanyaan yang mampir di kolom komentar.

Kamu bisa mengarahkan mereka untuk melihat tulisan di caption. Selain itu, kalian bisa memberikan link yang mengarah ke katalog produk di website. Hal ini sangat efektif untuk mengedukasi para konsumen lho, selain memberikan informasi tentang produk dan harga, menyebarkan link website juga akan meningkatkan traffic pada website toko online milikmu.

Lama pengirimannya berapa hari ya, Kak?

Hmm, mungkin kalo banyak yang nanya ini kamu bisa buat template pertanyaan, jadi jika ada yang nanya soal ini kamu langsung bisa copy paste pertanyaan tanpa harus ketik ulang.

Biasanya kalau pengiriman barang dalam kota 3-4 hari kerja ya. Kalau pengiriman ke luar kota biasanya 7 hari kerja (yang pasti tidak termasuk hari libur).

Selain itu, kamu juga bisa menjelaskan bahwa tergantung juga dengan paket yang digunakan. Kalau menggunakan paket reguler kemungkinan estimasi sampai menggunakan skema seperti di atas. Namun, jika menggunakan paket express atau yang lebih cepat, kemungkinan produk akan lebih cepat sampai.

Kualitas barangnya bagus gak nih, Kak?

Guys, sabar – sabar ya kalau ada yang nanyain soal begini. Tenang – tenang, Sellfazz punya tips buat kamu jika ada pertanyaan berikut.

Kamu bisa minta testimoni dari teman – teman atau para konsumen loyal kamu. Mintalah pendapat mereka tentang kualitas produk dan kualitas pelayanan yang toko kamu berikan. Melalui cara berikut akan dengan mudah mengantisipasi pertanyaan – pertanyaan soal kualitas produk.

Yah, memang sebelum kalian memulai usaha atau berjualan secara online, pastikan produk yang kalian jual mempunya kualitas yang bagus sehingga selain konsumen akan kembali lagi, ini akan memudahkan kamu saat meminta tolong dibuatkan testimoni.

Bagaimana? Masih ada pertanyaan yang menurut kalian sering muncul? Jika masih ada yuk share di kolom komentar dibawah 🙂