Promosi Bisnis di Media Sosial ? Perhatikan beberapa hal berikut!

Hi Guys!

Mimin mau tanya nih, apa yang ada dipikiran kamu ketika kita membahas media sosial?

Tempat untuk bertukar informasi? Betul!

Media untuk berbagi cerita? Bener banget!

Alat untuk promosi bisnis? Nah ini juga benar!

Seperti yang telah kita ketahui fungsi media sosial saat ini sangat beragam. Bagi para pemilik bisnis online pastinya media sosial mempunyai pengaruh besar untuk mempromosikan produk yang dijual, ya.

Namun, menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter dan lain – lain perlu memperhatikan beberapa variabel penting supaya konten yang dipublikasikan menarik.

Mau tahu apa saja variabel penting untuk mendukung promosi bisnis di media sosial? Yuk perhatikan beberapa hal berikut!

Komposisi Warna

Pemilihan warna yang tepat pastinya akan membuat design di media sosial bisnis mu terlihat menarik. Pemilihan warna ini sebenarnya harus lebih tricky, atau dengan kata lain kamu harus menyesuaikan dengan beberapa hal seperti logo bisnis mu atau produk yang kamu jual. Jika kamu menjual kebutuhan bayi mungkin kamu bisa memilih warna – warna soft dan cerah untuk menarik perhatian para ibu – ibu untuk main ke akun Instagram bisnis mu.

Gambar

Gambar sebagai bagian yang mewakili aktivitas promosi mu mempunyai peran yang cukup penting. Gambar yang digunakan bisa berupa fotografi atau hanya elemen ilustrasi. Hal ini tentunya harus menyesuaikan dengan kebutuhan mu. Gambar yang menarik dan bersifat original, dengan kata lain tidak ambil dari Google, melainkan hasil foto sendiri akan mampu menarik perhatian para pelanggan mu.

Konten Tulisan (Copywriting)

Pernah lihat tulisan yang terdapat di dalam sebuah banner di media sosial kan? Jika kamu memperhatikan secara detail, promosi yang baik adalah ketika tulisan yang digunakan mampu mempengaruhi pelanggan untuk menggunakan jasa atau produk suatu perusahaan.

Layout

Secara harfiah arti dari Layout adalah tata letak. Hal ini menjelaskan tentang tata letak dan penempatan elemen elemen pada desain di dalam poster. Misalnya, penempatan logo bisnis, penempatan foto produk, penempatan tulisan dan lain – lain. Hal ini menjadi penting supaya desain terlihat menarik dan mampu mewakili sebuah promosi produk.

Jadwal Tayang

Terakhir adalah jadwal tayang. Jadwal tayang maksudnya adalah waktu – waktu tertentu untuk melakukan publikasi di media sosial. Kamu gak mau kan, poster atau banner dengan desain yang ciamik tapi gak banyak yang lihat, kasih likes atau komen?

Nah pastikan kamu pahami jadwal berikut ya

Instagram

Jika kamu menggunakan Instagram, pastikan kamu paham dengan jadwal publikasi ya. Untuk siang hari kamu bisa melakukan publikasi pada jam 11.00 – 13.00 yaitu pada jam istirahat makan siang. Sementara untuk sore menjelang malam kamu bisa melakukan publikasi pada waktu senggang dari pukul 19.00 – 21.00 (prime time).

Facebook

Apabila kamu masih menggunakan Facebook untuk sarana publikasi, kamu bisa melakukan publikasi pada jam 9 pagi hingga 1 siang, lalu kamu bisa lanjut publikasi di jam 3 sore.

Gimana guys?! Yuk coba aplikasikan tips – tips di atas supaya media sosial bisnis mu lebih menarik lagi dan bisa mengundang pelanggan baru untuk belanja.