Rahasia Kedai Kopi Masa Kini yang Wajib Kamu Tahu!

Rahasia Kedai Kopi Masa Kini yang Wajib Kamu Tahu!

Hi, Smart Seller!

Kamu termasuk orang yang suka mengonsumsi kopi tidak?

Bagi sebagian besar orang, kopi menjadi menu yang wajib untuk dikonsumsi tiap hari. Bahkan, tak sedikit orang yang tertarik untuk mencoba berbagai macam olahan kopi.

Di Indonesia sendiri, tradisi minum kopi tidak hanya dilakukan oleh masyarakat pedesaan saja, tetapi juga perkotaan. Oleh karena itu, bisnis ini memiliki peluang besar untuk terus berkembang.

Terbukti dari mulai menjamurnya kedai kopi di Indonesia, bahkan ke mancanegara.

Nah, Smart Seller tertarik tidak untuk membuka bisnis kopi?

Sebagai pemanasan, kami mau kasih tips tentang Rahasia Kedai Kopi Masa Kini yang Wajib Kamu Tahu.

Penasaran? Yuk, cek disini!

(Baca Juga: Tips Hemat Jalan Sore Di Akhir Pekan)

Pilih Nama Unik untuk Kedaimu

Rahasia Kedai Kopi Masa Kini yang Wajib Kamu Tahu!
Sumber foto: www.nowbali.co.id

Pernah dengar kedai kopi bernama Titik Temu, Sejiwa, Ruang Seduh, Janji Jiwa, atau Kopi Kenangan?

Bagi kamu penggemar kopi kekinian pasti tidak asing nama-nama tersebut. Meskipun kelima kedai kopi ini berasal dari tempat yang berbeda, tetapi semuanya memiliki satu kesamaan, lho!

Apa itu? Titik Temu, Sejiwa, Ruang Seduh, Janji Jiwa, atau Kopi Kenangan, kelimanya memiliki filosofi dari nama masing-masing.

Di zaman yang serba modern dan banyak tempat kuliner yang menggunakan nama dalam bahasa Inggris, kelima kedai ini hadir dengan nama asli Indonesia. Saat ini masyarakat Indonesia cenderung menggunakan nama-nama yang menggunakan ejaan bahasa Indonesia lama ataupun kata-kata yang diambil dalam bahasa daerah.

Contoh lainnya adalah Kopi Kulo. Kata “Kulo” sendiri berasal dari bahasa Jawa yang artinya Saya. Buat kamu yang tertarik membuka bisnis kedai kopi, konsep ‘nama asli Indonesia’ ini bisa kamu terapkan.

Siapa tahu, semakin unik nama yang kamu gunakan, semakin orang-orang tertarik untuk mencoba.

Apa Menu Andalanmu?

Rahasia Kedai Kopi Masa Kini yang Wajib Kamu Tahu!
Sumber foto: www.bluprin.com

Selain nama yang unik, kamu juga harus bisa menciptakan menu andalan di kedai kopimu. Sebagai contoh, Kopi Tuku memiliki menu andalan yang digemari masyarakat yakni kopi susu tetangga.

Kopi susu ini terkenal dengan rasanya yang enak dan harganya yang cukup terjangkau. Maka tak heran jika banyak pekerja di daerah Jakarta Selatan yang rela mengantri atau memesan melalui aplikasi pemesanan online.

Nah, kamu yang tertarik untuk membuat kedai kopi juga bisa mengikuti cara ini. Ciptakan satu menu yang menurut kamu bisa berpeluang jadi favorit masyarakat. Jika perlu, kamu bisa menambahkan nama unik di menu tersebut.

Ciptakan Story Telling dari Produk Kopimu

Rahasia Kedai Kopi Masa Kini yang Wajib Kamu Tahu!
Sumber Foto: www.jktdelicacy.com

Rahasia berbisnis kopi selanjutnya adalah tentang menciptakan story telling dari produk kopimu.

Smart Seller dari Jaksel bisa menebak kan kedai kopi apa yang menerapkan cara ini?

Yap, betul sekali, jawabannya Kopi Kenangan! Jika dilihat dari tampilannya, kopi kenangan tidak berbeda jauh dengan kopi-kopi yang lain; menawarkan menu dingin dan panas, dan disajikan dalam gelas plastik dengan harga terjangkau.

Namun, ada satu hal dari kopi ini yang perlu kita amati lebih jauh. Kopi kenangan menawarkan sebuah ‘cerita’ yang tak asing ditelinga kita, yakni tentang cinta. Oleh karena itu, menu-menu yang ditawarkannya pun dikaitkan dengan manis-pahitnya cinta.

Misalnya menu kopi kenangan mantan dengan cerita ‘kenangan manis yang sudah tidak ada, tapi suka datang tiba-tiba di pikiran’. Atau no sugar dengan cerita ‘tidak perlu manis-manis, yang penting setia’.

Nah, Smart Seller, kamu setuju kan kalo ini bisa menjadi cara unik untuk mempromosikan menu-menu kopimu terutama pada generasi muda yang tertarik dengan sesuatu yang berbau percintaan?

(Baca juga: Es Kopi Kekinian yang Wajib Kamu Coba)

Kolaborasi dengan Komunitas atau Influencer Pecinta Kopi

Rahasia Kedai Kopi Masa Kini yang Wajib Kamu Tahu!
Sumber foto: www.republika.co.id

Cara terakhir yang paling jitu adalah kamu bisa berkolaborasi dengan komunitas atau influencer (orang berpengaruh atau terkenal) dengan latar belakang pecinta kopi.

Bukan rahasia umum jika komunitas memiliki pengaruh yang cukup penting. Komunitas sendiri adalah sekumpulan orang dengan minat yang sama. Saat ini, tidak sulit untuk menemukan komunitas sesuai dengan yang kita inginkan.

Melalui jasa komunitas ini, kita bisa saling ‘barter’ ilmu dan menggali peluang baru dalam bisnis kopimu. Sedangkan influencer saat ini juga dibutuhkan untuk membuat kedai kopimu ‘naik kelas’.

Alasannya karena banyak orang yang memilih untuk membeli produk yang sama dengan seseorang yang mereka kagumi. Cara ini pernah dilakukan oleh Gambino Coffee yang jadi pendukung lebih dari 20 cabang olahraga di Indonesia.

Pemilihan komunitas ini bukan tanpa alasan. Gambino coffee sendiri memetakkan olahragawan khususnya pelari sebagai segmen pasarnya karena kandungan dalam kopi yang bermanfaat untuk kekebalan tubuh mereka.

Selain itu, Gambino Coffee juga pernah menggandeng seorang ‘iron girl’ asal Amerika Serikat bernama Nadia Ruiz untuk berkolaborasi.

 

Smart Seller, itulah beberapa rahasia kedai kopi masa kini yang wajib kamu tahu. Atau kamu punya saran lainnya?

Yuk, tulis di kolom komentar dan terus ikuti tips-tips berbisnis lainnya dari kami. Jangan lupa juga untuk gunakan aplikasi Sellfazz POS untuk segala kemudahan dalam bertransaksi ya!

Related Posts

Cek Laporan Usaha Kamu lewat Aplikasi Sellfazz POS!
Mau Cetak Struk Pembayaran di Sellfazz POS? Ikuti Langkah Mudah Ini!
Mau Cetak Struk Pembayaran di Sellfazz POS? Ikuti Langkah Mudah Ini!
Ingin membangun bisnis di tahun 2019? Yuk, simak beberapa bisnis menguntungkan ini!
Menilik Daftar Bisnis Menjanjikan di Tahun 2019
Kamu punya warung makan? Hal-hal unik ini mungkin pernah kamu alami
Hal Unik yang Sering Terjadi saat Kamu Buka Usaha Warung Makan