Seberapa Penting Pelayanan Pelanggan dalam Berbisnis Online?

Hi, Smart Seller!

Bagi para pelaku bisnis, pasti kamu berharap untuk memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen.

Kabar baiknya, konsumen yang puas biasanya akan merekomendasikan produk/jasa kepada teman-temannya. Namun sebaliknya, ketika mereka merasa tidak puas, mereka juga akan memberikan ulasan buruk mengenai produk/jasamu.

Tugas kamu sebagai online seller untuk memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen. Mengapa?

Sebagai penjual, kamu juga harus bisa memahami tentang sistem pelayanan pelanggan yang baik. Dalam berbisnis, pendekatan antara perusahaan dan konsumen menjadi kunci utama dari terbentuknya kepercayaan.

Inilah yang membuat konsumen bisa memutuskan, untuk menjadi pelanggan setia atau sebaliknya.

Cara sederhana dari pelayanan konsumen yang bisa kamu terapkan yakni dengan menghubungi konsumen lewat sms atau telepon. Kamu bisa menyertakan nomor telepon di sosial media usahamu atau di kemasan produk/jasa yang ditawarkan.

Ini akan mempermudah konsumen untuk menghubungimu jika ada keluhan atau saran yang ingin disampaikan. Namun, alangkah baiknya jika nomor telepon yang digunakan untuk berbisnis berbeda dengan nomor pribadi. Alasannya untuk mengantisipasi dari berbagai macam penipuan dan kemungkinan buruk lainya.

Lalu, seberapa penting pelayanan pelanggan dalam berbisnis online? Yuk, simak ulasannya disini!

 

Respon cepat sangat dibutuhkan pelanggan.

Dalam kegiatan jual-beli online, kemungkinan terburuk seperti keterlambatan pengiriman barang, barang yang tidak sesuai, dan lainnya adalah hal yang tidak dapat dihindari. Kejadian-kejadian seperti inilah yang membuat pelanggan khawatir bahkan merasa ‘trauma’ untuk bertransaksi lagi.

Pepatah “pembeli adalah raja” berlaku disini. Tugas kamu untuk menangani setiap masalah konsumen. Respon yang cepat akan membuat kepuasan tersendiri bagi konsumen sehingga mereka tertarik untuk melakukan pembelian ditempat yang sama.

 

Sarana menerima masukkan dari pelanggan.

Selain komplain, kamu harus bisa menerima setiap masukkan/saran dari pelanggan. Dari sini, kamu bisa mengetahui apa yang menjadi kekurangan atau kelebihan dari bisnismu.

Hal ini sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas dan kemajuan bagi usaha yang kamu kembangkan. Karena setiap masukkan dari konsumen akan menjadi poin yang wajib kamu bangun dengan baik.

 

Memudahkan penyampaian informasi terbaru pada pelanggan.

Selain melalui media sosial, kamu bisa memanfaatkan sistem pelayanan pelanggan untuk menawarkan promo dari produk/jasa yang ditawarkan.

Usahakan untuk menyimpan data nama dan kontak konsumen yang pernah melakukan transaksi. Disini, skill ‘basa-basi’ sangat dibutuhkan guna mendapat respon baik seperti yang kamu harapkan.

 

Nah, Smart Seller, itulah beberapa alasan seberapa penting pelayanan pelanggan dalam berbisnis online. Lalu bagaimana menurutmu?

Yuk, tulis komentar dibawah ini dan jangan lupa ikuti terus tips-tips berbisnis pintar dari Sellfazz!

Jangan lupa untuk download aplikasi kasir kami di Google PlayStore!

Related Posts

Kamu punya warung makan? Hal-hal unik ini mungkin pernah kamu alami
Hal Unik yang Sering Terjadi saat Kamu Buka Usaha Warung Makan
Paket Hemat Akhir Tahun: Pilih Paket A atau Paket B, Bebas Sesukamu!
Paket Hemat Akhir Tahun: Pilih Paket A atau Paket B, Bebas Sesukamu!
Kuliner Daerah yang Menjamur di Indonesia
Curi Perhatian Generasi Milenial dengan Bisnis Kuliner!