Simak Tradisi Unik Selama Ramadhan di Negara-Negara Berikut!

Simak Tradisi Unik Selama Ramadhan di Negara-Negara Berikut!

“Hi, Pebisnis Maju!

Tidak terasa sebentar lagi menuju bulan Ramadhan. Pastinya, Pebisnis Maju yang beragama Muslim menyambut momen ini dengan penuh suka cita, kan?”

Di Indonesia sendiri, kita sering melihat tradisi menyambut momen Ramadhan, seperti tradisi menyalakan petasan, ziarah ke makam keluarga, makan bersama (botram), dan masih banyak lagi.

Tidak berhenti disitu, selama Ramadhan pun banyak tradisi yang dilakukan, salah satunya buka puasa bersama yang menyatukan kembali tali silahturahmi.

Uniknya, tradisi selama Ramadhan tidak hanya dilakukan di Indonesia saja, tetapi juga di beberapa negara bagian. Penasaran kan bagaimana tradisinya?

Yuk, simak tradisi unik selama Ramadhan di Negara-Negara berikut!

(Baca Juga: Tips Jitu Bikin Untung Pakai Sellfazz Saat Bazar Ramadhan!)

Tradisi The Ring Game – Irak

Tradisi unik pertama datang dari negara Irak. Masyarakat disana menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dengan melakukan permainan Mheibes atau Cincin. Permainan ini melibatkan 10-20 orang yang nantinya akan dibagi menjadi dua tim.

Dalam permainan, salah seorang dalam kelompok akan menyembunyikan sebuah cincin. Tim lawan harus menebak pria mana yang membawa cincin tersebut. Agar tidak diketahui tim lawan, seorang pria dari tim harus menutupi tubuhnya dengan selimut dan menutupi tangan ke timnya satu persatu sambil menyerahkan cincin kepada salah seorang dalam tim.

Jika sudah, tim lawan harus bisa menebak pria mana yang menyimpan cincin di tangannya. Salah satu cara untuk mengecoh lawan adalah seluruh tim harus memasang ekspresi datar. Jika tim tidak bisa menemukan cincin, maka tim yang menyembunyikan cincin akan mendapat poin. Begitu pula sebaliknya, jika tim pencari berhasil menemukan cincin, maka ia yang akan mendapatkan poin.

Tradisi Garangao – Qatar

Salah satu tradisi selama Ramadhan selanjutnya dilakukan di negara Qatar. Setiap tanggal 13, 14, dan 15 Ramadhan (pertengahan bulan Ramadhan), anak-anak disana akan berdandan.

Biasanya, anak laki-laki akan mengenakan thobe putih berlapis emas dengan ghutrah (sorban) di kepalanya. Sementara anak perempuan akan mengenakan pakaian kaftan berwarna cerah lengkap dengan jilbab hitam berhiaskan benang emas.

Seperti tradisi halloween, anak-anak ini akan menyanyikan lagu tradisional kemudian mengumpulkan kacang dan permen dari rumah-rumah tetangga. Biasanya, mereka membawa tas kain untuk mengumpulkan makanan tersebut.

Tradisi Fanous – Mesir

Tradisi selanjutnya datang dari negeri Piramida, Mesir. Selama Ramadhan, masyarakat kota Mesir menghias lentera atau Fanous pada bangunan rumah, jalan, hingga masjid. Dulunya lentera yang digunakan berupa lilin yang diletakkan dalam kaca berwarna dengan cincin kawat sebagai alat penggantungnya.

Namun, seiring perkembangan zaman tradisi ini mulai dipermudah dengan menggunakan lentera baterai. Lentera yang digunakannya pun terbuat dari bentuk dan warna yang beragam. Hingga kini, tradisi Fanous tetap menjadi tradisi yang paling ditunggu oleh masyarakat selama bulan Ramadhan.

Biasanya, anak-anak akan berkumpul dan meramaikan jalanan sambil menyanyikan lagu-lagu yang bertemakan bulan Ramadhan.  

Tradisi Malamang – Sumatra Barat

Tradisi menjelang Ramadhan selanjutnya berasal dari Sumatra Barat, Indonesia, yaitu malamang dari Sumatra Barat. Sebagian besar masyarakat minang menyambut kedatangan bulan puasa dengan ritual khasnya yaitu malamang alias membuat lemang.

Lemang sendiri adalah makanan yang terbuat dari beras ketan yang disimpan ke dalam bambu beralaskan daun pisang. Selanjutnya, sebelum dikonsumsi, lemang akan dipanggang dengan kayu bakar selama beberapa jam.

Tradisi ini masih banyak ditemukan di Sumatra Barat. Lemang biasanya disajikan sebagai makanan pembuka puasa (takjil) dengan minuman hangat.

(Baca Juga: Memanfaatkan Momen Ramadhan Untuk Berjualan Produk – Produk Berikut)

Itulah beberapa tradisi unik selama Ramadhan di beberapa negara bagian. Lalu, apakah di daerahmu ada tradisi unik selama bulan suci ini?

Yuk, tulis ceritanya di kolom komentar!

Jangan lupa untuk update aplikasi Sellfazz Anda ke versi terbaru ya agar transaksi bisnis kalian semakin lancar!

Related Posts

SAHUR!!! (Semarak Untung Ramadhan): Paket Premium Rp100.000 hadir mulai hari ini!
SAHUR!!! (Semarak Untung Ramadhan): Paket Premium Rp100.000 hadir mulai hari ini!
Cerita Daniel #BeraniMaju dengan Bisnis Kostumisasi Pewangi Mobil dan Ruangan
Hari Kartini, Saatnya Pebisnis Wanita Muda #BeraniMaju!
3 Sosok Pebisnis Wanita Indonesia yang #BeraniMaju di Hari Kartini!