Tips Memaksimalkan Acara Grand Launching untuk Gerai Kuliner Anda

Tips Memaksimalkan Acara Grand Launching untuk Gerai Kuliner Anda

“Pebisnis Maju, ada rencana membuat gelaran grand opening untuk tempat kuliner Anda?” 

Saat memulai bisnis kuliner, biasanya pebisnis akan berfokus untuk mencari konsumen sebanyak-banyaknya. Bahkan banyak gerai kuliner yang menawarkan diskon besar-besaran agar menarik perhatian konsumen.

Perlu diketahui bahwa selain diskon, Anda bisa memperkenalkan produk Anda dengan soft selling alias penjualan secara halus. Anda perlu menciptakan pengalaman menarik kepada konsumen lewat acara grand launching. Lalu, seberapa efektifkah grand launching?

Saat mengadakan grand launching, Anda lebih mudah memperkenalkan produk Anda kepada konsumen luas. Oleh karena itu, persiapan yang dilakukannya pun tidak boleh sembarangan.

Alasannya karena perkenalan yang baik cenderung akan membuat konsumen terkesan dan berniat untuk kembali lagi. Namun sebaliknya, bagaimana jika diawal perkenalan saja Anda sudah memberikan kesan yang buruk?

Tentunya akan membuat konsumen kecewa dan malas untuk kembali. 

Biasanya, grand launching sudah dipersiapkan dalam beberapa bulan sebelumnya dengan perencanaan yang sangat matang. Ini artinya, mulai dari dekorasi, hiburan, dan hal-hal menarik yang ditawarkan untuk seluruh tamu sudah direncanakan sebaik mungkin.

Selama beberapa bulan persiapan ini, Anda harus sudah menentukan tujuan dari grand launching tersebut, persiapan budget, dan promosi sebelum dan sesudah event

Gourmetmarketing memberikan penjelasan tentang apa saja yang harus dipersiapkan selama membuat Grand Opening Warung Kuliner Anda. Ada apa sajakah? Yuk, simak yang berikut ini!

(Baca Juga: Mau Berbisnis Kuliner? Yuk, Belajar Memasak Dan Membuat Kue Bersama Ahlinya!)

Strategi promosi yang tepat sebelum dan selama Grand Opening dimulai.

  1. Kirimkan undangan spesial untuk tamu penting, misalnya: influencer, tokoh-tokoh terkenal yang berhubungan dengan kuliner, dan media untuk menarik audience luas.
  2. Rencanakan promosi secara online, mulai dari website, dan sosial media.
  3. Promosi selanjutnya, Anda bisa meminta bantuan rekan media untuk mempublikasikan acara ini
  4. Mulailah untuk menarik komunitas sekitar, hal ini bisa menjadi peluang Anda untuk menarik konsumen dekat terlebih dahulu 

Beberapa hal yang didapatkan oleh para tamu penting: 

  1. Siapkan siaran pers (press release) untuk para tamu yang hadir. Siaran pers ini mencakup menu apa saja yang ada di gerai kuliner, biografi koki andalan Anda dan pemilik toko kuliner (Anda), dan filosofi dibalik nama tempat kuliner tersebut. 
  2. Hidangkan makanan dan minuman spesial yang ada di tempat kuliner Anda untuk para tamu.
  3. Jangan lupa untuk memberikan sedikit bingkisan kenang-kenangan sebelum para tamu pulang.

Persiapkan juga staff berpengalaman selama grand launching berlangsung .

Anda juga harus mempersiapkan staff berpengalaman selama grand launching berlangsung. Jangan sampai acara sudah dipersiapkan semaksimal mungkin namun pelayanan kepada konsumen tidak memuaskan dan membuat mereka kecewa. 

Selain makanan, servis seperti hiburan maksimal, dekorasi dan kepuasan konsumen menjadi kunci dari grand opening yang dilakukan.

Setiap tamu yang hadir pastinya menginginkan untuk sesuatu yang berbeda saat menghadiri grand opening. Sehingga Anda sebagai ‘pemilik rumah’ harus bisa merencanakan sebaik mungkin agar perjamuan berjalan lancar dan sesuai ekspektasi mereka. 

Karena kesuksesan dari sebuah grand opening bisa diukur dari kesuksesan promosi word of mouth (dari mulut ke mulut konsumen), publikasi media, dan kesuksesan dalam menjalin hubungan dengan konsumen yang menjadi target audiens.

(Baca Juga: Hal-Hal Sepele Yang Bisa Bikin Bisnis Anda Gulung Tikar!)

Nah itulah kira-kira beberapa tips untuk memeriahkan acara grand launching usaha atau gerai kuliner yang Anda miliki.

Apakah kalian sudah melakukan itu semua? Yuk share di kolom komentar di bawah!

Tapi sebelumnya jangan lupa untuk mengunduh aplikasi kasir Sellfazz ya untuk mempermudah bisnis kuliner yang sedang kalian lakukan!

Related Posts

Cerita Dzakya, Resign Demi Bangun Kedai Kopi Impian
Manfaat Laporan Keuangan untuk Bisnis Restoran
Cerita Liliany, Jalankan Cafe Home Culinary berbekal Alikasi Sellfazz
Cerita Liliany, Jalankan Cafe Home Culinary berbekal Aplikasi Sellfazz
Cerita Teja, Jalani Bisnis Diamond Victory sekaligus Menjadi Mahasiswa S2
Cerita Teja, Jalani Bisnis Diamond Victory sekaligus Menjadi Mahasiswa S2