Tips Penting untuk Membuat Usaha Anda Mudah Dipercaya dan Menarik Pelanggan Baru

Membangun sebuah usaha memang tidak mudah, seringkali kita mendapatkan tantangan yang menuntut untuk lebih kreatif supaya usaha kita dapat berjalan dengan lancar dan tetap menguntungkan.
 
Hal – hal yang biasanya menjadi tantangan diantaranya adalah seperti cara mendapatkan pelanggan baru yang bisa loyal dengan produk atau jasa kita.
 
Untuk dapat melalui tantangan tersebut, kamu harus memahami Social Proof Marketing. Teknik ini dapat Anda gunakan sebagai strategi Marketing usaha kamu dalam menarik pelanggan baru dan mempertahankan loyalitas pelanggan lama.

Customer Action

Sebagai salah satu bentuk Social Proof Marketing, definisi customer action dapat dijabarkan secara singkat dengan bentuk marketing yang dilakukan oleh konsumen kita dari mulut ke mulut orang lain.
 
Pengaruh opini seseorang yang disebarkan dari mulut ke mulut mempunyai pengaruh besar bagi usaha kamu. Isitilah Word of Mouth ini mampu memberikan dampak yang massive untuk bisnis kamu. Mungkin fenomen yang saat ini tengah hidup adalah opini netizen yang mampu mempengaruhi perspektif orang lain yang mendengar secara langsung.
 
Bayangkan jika ada 10 orang yang puas dengan pelayanan dan produk Anda, maka 10 orang tadi akan menyebarkan informasi soal bisnis Anda ke 10 hingga 20 orang lain di lingkaran terdekatnya, dan terus akan berkembang.

Testimonial

Hampir mirip dengan customer action, namun testimonial ini dapat dibuat menggunakan konsep yang teratur. Misalnya saja komentar positif yang berisi pujian dan kepuasan pelanggan yang masuk ke email atau business chat maka ini bisa dijadikan bentuk testimoni.
 
Mungkin kamu pernah melihat banyak pebisnis online yang meng-upload isi chat bersama konsumen mereka. Isi chatnya biasanya adalah bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih dari konsumen. Hal – hal ini dapat kamu kemas sedemikian rupa dan dapat kamu gunakan sebagai testimoni untuk di bagikan sebagai bentuk social proof marketing.

Social Media Proof

Social Media proof merupakan salah satu bentuk social proof marketing yang menggunakan portal sosial media sebagai alat untuk menunjukkan eksistensi kualitas pelayanan dan produk yang dimiliki.
 
Metode ini dapat diukur dengan banyaknya engagement berupa reaction, komentar, likes dan share yang dilakukan oleh konsumen mu melalui sosial media. Melalui hal tersebut maka informasi mengenai bisnis mu akan tersebar secara cepat di sosial media.

Case Study Approach

Terkadang, kita tidak perlu menggunakan jasa influencer terkenal dalam meningkatkan awareness dan value usaha yang kamu miliki. Kita bisa menggunakan metode pendekatan dengan case study approach.
 
Pendekatan ini dapat dilakukan dengan mengangkat kisah inspiratif dari konsumen mu setelah menggunakan produk atau jasa yang kamu tawarkan dalam bentuk artikel ataupun video.
 
Tujuan dari case study approach ini adalah memperlihatkan kepada publik bahwa produk atau jasa kamu dapat memberikan kemudahan atau benefit bagi orang yang menggunakannya, sehingga dengan begitu ini mampu menarik imajinasi dan mempengaruhi konsumen untuk tahu lebih dalam tentang produk mu.

Authority Proof

Untuk mencapai pada fase ini, biasanya harus ada pembuktian melalui data atau bahkan prestasi yang ditorehkan oleh usahamu. Misalnya saja, karena usaha mu sudah dapat memberikan kemudahan bagi orang banyak, maka dari pihak majalah ataupun media melakukan liputan dan mengangkat profil usahamu ke publik.
 
Melalui metode publikasi profil usaha ke media akan menarik perhatian orang sehingga akan menanamkan pemahaman bahwa usahamu telah diakui secrara kualitas dan pelayanannya di masyarakat. Agar dapat melakukan hal ini, alangkah lebih baik ketika usahamu mempunyai value unik sehingga akan menarik saat dijadikan berita, dan juga lebih baik ketika kamu dapat berkomunikasi ke pihak media.
Itulah beberapa social marketing proof yang bisa kamu pahami sebagai bekal untuk memperluas skala usahamu melalui akuisisi konsumen baru. Mau dapat informasi lengkap mengenai tips berjualan atau Sellfazz? Yuk langsung download aplikasi kami dan jangan lupa follow social media Sellfazz disini,